Jumat, 15 April 2011

Sekolah Binatang

Di sebuah hutan, para binatang dewasa memutuskan untuk membuka sekolah bagi para binatang muda. mereka memutuskan untuk mendidik para binatang muda dalam empat bidang pelajaran, yaitu berenang, terbang, lari dan memanjat agar para binatang muda dapat hidup mandiri saat mereka dewasa.
pada awal tahun ajaran, bebek mendapat nilai tertinggi untuk berenang tetapi ia tidak bisa memanjat. pada akhir tahun, bebek mendapat nilai cukup untuk pelajaran memanjat dan nilai cukup untuk pelajaran berenang. para guru mengaggap mereka berhasil mendidik bebek.
pada awal tahun ajaran, tupai mendapat nilai sangat bagus untuk  memanjat dan lari tetapi dia tidak bisa terbang. guru tidak bisa mengerti mengapa dia bisa naik dari bawah ke atas pohon dengan sangat cepat tetapi tidak dapat mengembangkan sayapnya dari atas pohon dan mendarat. tupai selalu mendapat sanksi karena tidak mau mengembangkan sayapnya dari atas pohon.
sejak awal tahun ajaran, elang selalu mendapat teguran, peringatan, dan hukuman karena dia selalu mengerjakan pelajarannya dengan baik tapi dengan caranya sendiri dan tidak mentaati instruksi gurunya.
kangguru memulai tahun ajaran dengan gembira. ia selalu berlari terdepan. tetapi gurunya memaksa dia untuk berlari dengan empat kaki dan dia tidak dapat melakukannya. teman-temannya selalu menertawakan dia karena dua kaki depannya lebih pendek dari dua kaki belakangnya. akhirnya kangguru menjadi murid paling pemurung dan penyendiri disekolah itu.
bagi ikan, semua pelajaran sama. dia melakukan semuanya dalam air. guru menganggapnya tidak lulus untuk pelajaran memanjat, terbang dan berlari.
lebah tidak mengerti dengan semua yang diajarkan. dia tidak mengerti apa gunanya semua pelajaran tersebut. baginya yang terpenting adalah mencari madu. orang tuanya mengajak dia pulang ke sarang dan mengerjakan yang paling penting bagi komunitas lebah.

artikel diatas dikutip dari buku "home schooling untuk anak, kenapa tidak?", diterjemahkan dan dikutip bebas dari video Animal School.

apa hikmah penting dari artikel diatas???
please give your comment...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar